HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

Untuk Pertama Kali Harga Minyak Tembus US$ 140

Posted by HendrA pada September 25, 2008

Jurnal-ekonomi.org – Untuk pertamakalinya harga minyak tembus angka SU$ 140 per barrel setelah Libya akan mengurangi produksi dan prediksi OPEC bahwa harga minyak akan tembus US$ 170 per barrel pada musim panas ini. Kenaikan harga minyak mentah (crude oil) juga didorg oleh pelemahan nilai dolar AS terhadap Euro. Menurut Presiden Excel Futures di California, kenaikan ini terjadi akibat kombinasi ketiga hal tersebut.

Tren harga minyak yang semakin tinggi semakin memperburuk perekonomian dunia, khususnya negara-negara dunia ketiga dan penduduk miskin. Karena itu perlu upaya untuk menahan laju kenaikan harga minyak. Hanya saja karena harga minyak dikendalikan para spekulan, maka upaya untuk menurunkan sangat sulit kecuali suatu saat nanti lantai bursa komoditas ditutup.

Menurut analisis Jurnal Ekonomi Ideologis, tidak logis hanya karena Libya akan menurunkan produksi harga minyak langsung naik. Lebih tidak logis lagi saat sektor riil mengalami penurunan aktivitas, bahkan berbagai negara menurunkan target pertumbuhan ekonominya, harga minyak menjadi jauh lebih tinggi.

Pernyataan OPEC tentang kemungkinan harga minyak naik hingga US$ 170 lebih didasarkan kepada faktor spekulasi dan pelemahan nilai dolar. Karenanya, para spekulan minyak di bursa komoditas memanfaatkan faktor psikologis ini untuk semakin menggerek harga minyak ke tingkat yang lebih tinggi. Mereka akan menjadikan isu apapun untuk menaikan harga minyak atau waktu yang tepat untuk melakukan aksi ambil untung.

Kenaikan harga minyak yang tidak terkendali dan sangat merugikan dunia khususnya penduduk miskin, harus dilawan dengan menghadirkan sistem alternatif, yakni sistem Khilafah. Riba dan judi yang mendominasi perekonomian dunia merupakan bagian tak terpisahkan dari hegemoni dan metode penjajahan negarta-negara Kapitalis terhadap dunia. Karena itu penghapusan bursa komoditas dan sektor finansial dan penegakan sistem Khilafah harus menjadi agenda masyarakat dunia khususnya kaum muslimin. [Jurnal Ekonomi Ideologis/HM]

REFERENSI

CNN Money 26 Juni 2008, Oil hits $140 for the first time

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: