HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

ASEAN Lanjutkan Bahas Komunitas Ekonomi

Posted by HendrA pada September 26, 2008

[SINGAPORE] Menteri-menteri ekonomi ASEAN yang menggelar pertemuan di Singapura, akan meluruskan jalan dalam usaha mengintegrasikan Komunitas Ekonomi organisasi ini yang menurut rencana beroperasi tahun 2015. Komunitas Ekonomi ini akan menfasilitasi peredaran barang, jasa, dan manusia di kawasan ini. Demikian ungkap Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Singapura, Selasa (26/8), ketika membuka acara tersebut.

Menurut Perdana Menteri itu, saat ASEAN melanjutkan integrasi dan liberalisasi ekonomi, para menteri sebaiknya juga meneruskan usaha mereka untuk mencapai liberalisasi perdagangan multilateral. Selain itu mereka juga harus mampu menciptakan langkah bersama untuk memperbaiki berbagai kebijakan yang mampu mengatasi berbagai tekana proteksi ekonomi. “Untuk menyelesaikan peta jalan menuju Komunitas Ekonomi ASEAN, membutuhkan komitmen dan keputusan politik yang tangguh. Pemerintah kita menghadapi berbagai tekanan domestik di bidang ekonomi dan politik dari waktu ke waktu.

Tetapi kita harus mengerahkan segala kemampuan politik untuk mewujudkan peta jalan yang telah kita setujui,” tegas PM Singapura. Untuk membantu 10 anggota ASEAN mencapai target, maka digunakan sistem ASEAN Economic Community Scorecard. Cara itu memungkinkan para pemimpin tiap negara mengetahui sejauh mana kemajuan Komunitas Ekonomi ini tercapai. “Untuk menjadi organisasi yang kredibel, kita harus menyatukan kata dengan perbuatan,” tambah Lee Hsien Loong. ” Scorecard ini sebagai alat yang sangat bermanfaat. Ini alat untuk memonitor kemajuan kita, dan sekaligus memberikan masukan dan umpan balik.”

Kesuksesan integrasi ekonomi akan memungkinkan ASEAN tetap diperhitungkan walaupun Tiongkok dan India juga melangkah maju. Secara keseluruhan Investasi Asing Langsung (FDI) ke ASEAN mencapai US$ 60 miliar tahun 2007. Tetapi pada periode yang sama FDI Tiongkok jauh lebih besar yaitu US$ 83 miliar. PM Lee menegaskan, ASEAN harus secara bersama tetap menjadi tempat yang menarik bagi investasi asing. Daripada berjalan sendiri-sendiri, secara kolektif akan jauh lebih baik.

Artinya jumlah penduduk 10 anggota ASEAN mencapai 550 juta, itu merupakan pasar potensial yang besar dan didukung oleh GNP dan total perdagangan secara keseluruhan mencapai lebvih dari US$ 1 triliun. Sementara para menteri dari Brunei, Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam, berjanji untuk mempercepat usaha untuk mewujudkan keinginan bersama organisasi ini, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan. [CNA/E-4] S

Sumber : Suara Pembaruan Online, Last modified: 27/8/08

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: