HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

Ekonomi Sulit Bikin Banyak Orang Stres

Posted by HendrA pada September 27, 2008

Rabu, 17 September 2008 | 21:44 WIB

JAKARTA, RABU – Memburuknya situasi perekonomian nasional disinyalir sebagai faktor pemicu meningkatnya penderita gangguan jiwa di Indonesia, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Rakyat mudah stres dan depresi lantaran harga kebutuhan terus melambung dan tidak sebanding dengan upah yang didapatkan.

Demikian diungkapkan psikiater Dr. G. Pandu Setiawan, Sp.KJ dalam diskusi publik bertajuk Perekonomian dan Meningkatnya Penderita Gangguan Jiwa, di Jakarta, Rabu (17/9).

“Pemerintah harusnya mencukupi kebutuhan primer rakyat, karena hal itu sudah diungkapkan dalam undang-undang. Sebab bila banyak rakyat yang terganggu jiwanya, negara juga akan terganggu,” ucap Pandu.

Menurut Pandu, sampai saat ini belum ada solusi tepat untuk mencegah stres maupun gangguan jiwa. “Kita tidak bisa mencegah terjadinya stres, tapi kita bisa memberikan terapi bagi penderita gangguan jiwa. Sebab stres merupakan suatu yang kompleks dan harus diidentifikasi terlebih dahulu,” terangnya.

Sampai saat ini, menurut Pandu, jumlah biaya perawatan bagi penderita gangguan jiwa yang disediakan oleh pemerintah masih minim. “Biaya untuk perawatan dan penyembuhan penderita gangguan jiwa di Indonesia hanya satu persen, itupun dari alokasi dana buat departemen kesehatan, bukannya dana langsung dari APBN,” ujar Pandu. (C11-08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: