HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

50% Penumpang Kereta Diperkirakan Berdiri

Posted by HendrA pada September 27, 2008

Minggu, 21 September 2008 21:33

Kapanlagi.com – Manajemen PT Kereta Api Indonesia memberlakukan kebijakan bahwa penumpang berkarcis yang berdiri atau tidak mendapat tempat duduk maksimal 50% dari total penumpang setiap gerbong.

Wakil Kepala Stasiun Kereta Api Bekasi Yuskal Setiawan di Bekasi, Minggu, menyebutkan jumlah penumpang kelas ekonomi di setiap gerbong sebanyak 106 orang sesuai tempat duduk berarti penumpang berdiri maksimal 53 orang sehingga total penumpang mencapai 189 orang.

“Jumlah penumpang sebanyak itu masih dalam batas toleransi kenyamanan,” katanya.

Bila dalam satu gerbong terdapat lebih dari 53 penumpang yang berdiri, petugas akan menurunkan penumpang sebelum kereta diberangkatkan.

Kebijakan itu hanya untuk penumpang kereta kelas ekonomi sedangkan kelas eksekutif jumlah penumpangnya sesuai dengan tempat duduk.

Untuk kelancaran dan kenyamanan mudik Lebaran, Yuskal mengimbau kepada para calon penumpang untuk disiplin mengikuti aturan.

Keberhasilan pelaksanaan kebijakan manajemen kereta api tergantung peran serta masyarakat khususnya para penumpang.

Mengenai harga karcis, Yuskal mengatakan, untuk kelas eksekutif naik dari 30 hingga 50 persen tergantung hari keberangkatan.

Suasana di Stasiun Bekasi pada hari Minggu terlihat ratusan calon penumpang antre di depan loket untuk membeli karcis mudik Lebaran ke berbagai kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Saya antre dari pagi, akhirnya dapat tiket,” ujar Cici (45) warga Bekasi Barat yang akan mudik bersama keluarga ke Brebes, Jawa Tengah.

Menanggapi lonjakan penumpang mudik, Wakil Pengawas Perjalanan KA Harumanto di Stasiun Bekasi melarang penumpang naik ke atas gerbong.

“Masyarakat yang ingin mudik Lebaran, saya imbau tidak naik di atas gerbong karena membahayakan keselamatan. Kalau tidak digubris maka petugas akan menurunkan secara paksa,” ujarnya. (*/erl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: