HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

BTN Bakal Lanjutkan Program Mudik Pekerja Bangunan

Posted by HendrA pada September 27, 2008

Sabtu, 27 September 2008 18:20

Lihat Biografi

Bank BTN


Kapanlagi.com – Bank Tabungan Negara (BTN) merencanakan untuk melanjutkan program mudik pekerja bangunan dalam Lebaran tahun depan menggunakan alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami belajar dari pelaksanaan Lebaran tahun 2008 yang merupakan kali pertama menyelenggarakan mudik bareng pekerja bangunan,” kata Direktur Utama BTN, Iqbal Latanro di Kantor Cabang Bekasi usai melepas pekerja bangunan, Sabtu.

Menurut Iqbal, pihaknya sengaja memilih pekerja yang membangun proyek perumahan di kawasan Bekasi, Tangerang, Cibubur, dan Cikarang mengingat kawasan ini menyumbang pendapatan dari kredit cukup besar.

“Akan tetapi kami akan meningkatkan jumlah peserta yang akan mudik pada tahun 2009 dari lokasi-lokasi perumahan dan proyek properti lain yang dibiayai kreditnya melalui BTN,” janji Iqbal.

Iqbal mengatakan, pihaknya dalam memilih pekerja bangunan bekerja sama dengan pengembang terutama yang proyeknya masih berlangsung sehingga menyerap tenaga dalam jumlah besar.

Dalam mudik Lebaran 2008 ikut serta 750 pekerja bangunan yang diangkut menggunakan 15 bus menuju ke Yogyakarta dan Semarang, setiap pekerja selain diberi bingkisan juga uang saku.

“Tujuan kami untuk meringankan mereka karena pekerja bangunan biasanya mudik mendekati Lebaran sehingga sulit mendapatkan angkutan kalaupun ada sangat mahal sehingga dengan adanya program ini sangat membantu,” kata Iqbal.

Menurut dia, dengan program ini pendapatan yang diperoleh sebagai tukang yang dikumpulkan selama bekerja di Jakarta dapat disimpan untuk bekal berlebaran di kampung halaman.

Sementara itu, Direktur Kredit BTN, Purwadi mengatakan, empat lokasi Bekasi, Tangerang, Cibubur, dan Cikarang menyumbang kredit sangat besar bagi BTN diperkirakan sekitar Rp6 triliun dari total realisasi Juli 2008 Rp26 triliun.

Purwadi memperkirakan jumlah pekerja yang ikut program ini akan bertambah seiring dengan strategi BTN membiayai kredit rumah menengah atas yang sedang menjadi tren di kota besar.

Purwadi mengatakan, data terakhir kredit Platinum BTN (di atas Rp 150 juta) sudah mencapai Rp1 triliun padahal semula diperkirakan hanya Rp300 miliar dengan rata-rata unit yang dibiayai KPR/KPA senilai Rp200 juta sampai 300 juta.

“Kami sudah menjalin kerja sama kredit untuk Lippo, Pikko Group, Adung Sedayu untuk pemilikan apartemen, sehingga jumlah pekerja bangunan tahun 2009 akan semakin bertambah,” ujar dia.

Minat yang besar dari pembeli kalangan menengah atas mengingat tingkat bunga yang kompetititf serta proses yang berlangsung cepat menjadi daya tarik tersendiri memilih kredit Platinum BTN,

Purwadi mengatakan, BTN tetap kepada misi membiayai kredit menengah bawah termasuk rumah sederhana sehat (RSH) akan tetapi biasanya setiap tahunnya hanya sampai Rp4 sampai 5 triliun pada kapasitas kredit bisa lebih dari Rp10 triliun. (kpl/boo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: