HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

Minyak Naik di Tengah Rencana ‘Bailout’ Finansial AS

Posted by HendrA pada September 27, 2008

Jum’at, 26 September 2008 09:11

Kapanlagi.com – Harga minyak mentah meningkat Kamis waktu setempat, atau Jumat pagi WIB, di tengah sinyal rencana ‘bailout’ besar-besaran sektor finansial oleh pemerintah AS mendekati persetujuan Kongres, mengurangi risiko kejatuhan ekonomi, konsumen energi terbesar dunia (AS).

Kontrak utama New York, minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman November, meningkat US$2,29 per barel menjadi ditutup pada US$108,02.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November naik US$2,15 menjadi mantap pada US$104,60 per barel.

Kontrak berjangka minyak New York telah turun pada awal perdagangan, namun kembali bergerak naik di tengah sinyal sebuah kesepakatan proposal departemen keuangan AS tentang penyelamatan perusahaan-perusahaan finansial sebesar US$700 miliar.

“Kami telah mencapai sebuah kesepakatan fundamental dalam sekumpulan prinsip,” kata Senator Christopher Dodd kepada pers di Kongres, setelah hampir 3 jam melakukan pembicaraan di antara para pemimpin Partai Demokrat dan Republik menanggapi permintaan besar pemerintah.

Negosiator Republik dan Demokrat menyampaikan teks persetujuan untuk kolega mereka dan departemen keuangan paling lambat hari ini.

Presiden George W. Bush akhir Rabu memperingatkan “ekonomi AS memasuki bahaya” jika Kongres gagal menyetujui rencana US$700 miliar untuk membeli aset-aset bermasalah terkait mortgage yang telah menimbulkan krisis finansial global.

Mike Fitzpatrick dari MF Global mengatakan sebuah kesepakatan tampaknya terbentuk, ekonomi AS akan menghadapi “kesulitan yang sungguh-sungguh” dalam 18-24 bulan mendatang.

“Pertanyaannya itu perlu menjadi pertimbangan bagaimana hal itu akan mempengaruhi pertumbuhan permintaan energi di negara-negara maju, yang hingga sekarang terlihat kenyal sekali.”, kata dia.

Phil Flynn dari Alaron Trading menyatakan prospeknya suram.

“Permintaan sedang bergerak menjadi lemah, ada penyelamatan bailout atau tidak,” kata Flynn.

Namun prospek penyelamatan Wall Street telah mengangkat saham-saham energi dan pasar uang.

Antoine Halff, analis dari Newedge Group, mengatakan harga minyak juga didukung laporan mingguan departemen energi AS (DoE) Rabu, tentang cadangan energi AS yang menurun.

Stok minyak mentah AS turun 1,5 juta barel dalam pekan yang berakhir 19 September dan cadangan bensin turun untuk 9 pekan berturut-turut, 5,9 juta barel.

“Harga minyak naik sebagian didorong oleh bensin –cadangannya turun secara ekstrim, pada level terendah sejak 1967,” kata dia.

Pada Rabu, harga minyak mentah sedikit merosot karena pasar fokus pada laporan DoE tentang penurunan tajam konsumsi energi, yang memicu kekhawatiran melemahnya permintaan energi.

Rata-rata konsumsi minyak Amerika 19,5 juta barel per hari dalam 4 pekan lalu, turun 5,3% dari periode sama tahun lalu, menurut DoE. (*/meg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: