HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

Hasil Pemeriksaan Susu China Akan Diumumkan Senin

Posted by HendrA pada Oktober 2, 2008

Sabtu, 27 September 2008 06:26

Kapanlagi.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (29/9) akan mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap produk makanan mengandung susu dari China yang sudah ditarik dari peredaran.

“Hari Senin nanti diumumkan hasilnya,” kata Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan hingga kini pihaknya masih memeriksa sampel-sampel produk susu impor dari China tersebut dan melanjutkan pencarian terhadap produk susu China lain yang belum ditemukan.

“Yang yogurt kita belum bisa temukan. Karena itu kami berharap masyarakat yang menemukannya di pasaran bersedia melapor ke Badan POM atau balai POM di daerah supaya bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga belum mengetahui jumlah total produk makanan mengandung susu asal China yang sudah ditarik dari peredaran.

“Jumlahnya belum tahu, sekarang masih dikompilasi. Karena produk-produk ini kan ditarik dan disegel oleh peritel, baru setelah itu dilaporkan ke kami,” katanya.

Menurut dia, nasib produk-produk makanan itu nantinya akan tergantung pada hasil pemeriksaan yang dilakukan BPOM.

Bila menurut hasil pemeriksaan produk makanan tersebut terbukti mengandung melamin maka BPOM akan memusnahkannya,”Tapi kalau ternyata tidak, boleh dijual lagi,” katanya.

Lebih lanjut Husniah menjelaskan, hingga kini pihaknya juga masih memantau peredaran 13 produk susu asal China yang menurut Agri-Food and Veterinary Authority (AVA) Singapura terbukti mengandung melamin–bahan kimia yang biasa digunakan sebagai campuran dalam pembuatan plastik dan pupuk.

“Karena kami takut produk makanan ini beredar di daerah perbatasan,” katanya.

Ketiga belas produk susu tersebut adalah Natural Choice ( Yoghurt Flavoured Ice Bar With Real Fruit), Yili Bean Club ( Matcha Red Bean Ice Bar), Yili Bean Club (Red Bean Ice Bar), Yili Prestige Chocliz(Dark Chocolate Bar), Yili Super Bean ( Red Bean Chestnut Ice Bar), Nestle Dairy Farm (susu UHT), Yili High Calcium (susu rendah lemak), Yili High Calcium (susu), Yili 250 ml (Pure Milk), Yili 1 liter (Pure Milk), Dutch Lady (Strawberry Flavoured Milk), White Rabbit (kembang gula) dan Yili Choice (Dairy Frozen Yoghurt Bar With Real Peach and Pineapple Fruit Pieces). (kpl/rif)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: