HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

Perdagangan RI-China Tidak Terganggu Susu Terkontaminasi

Posted by HendrA pada Oktober 2, 2008

Rabu, 01 Oktober 2008 07:54

Kapanlagi.com – Hubungan perdagangan Indonesia dengan China sejauh ini tidak mengalami gangguan berarti terkait maraknya skandal susu terkontaminasi melamin yang membuat Indonesia melarang peredaran dan impor produk itu dari China.

“Sejauh ini tidak ada gangguan atau masalah yang berarti. Mudah-mudahan masalah itu tidak berkembang menjadi masalah yang bisa ganggu hubungan dagang kedua negara,” kata Atase Perdagangan RI di Beijing Imbang Listiyadi, di Beijing, Selasa.

Menurutnya, pihaknya sampai kini tidak menerima keluhan atau sanggahan dari pihak China terkait penolakan produk susu di pasar Indonesia, karena memang skandal itu memang sepenuhnya merupakan “kesalahan” mereka.

Adanya kasus ini, kata Imbang, diharapkan pula tidak “merembet” ke persoalan produk lain sehingga hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara tetap bisa berjalan baik seperti saat ini.

Ia berharap agar masalah itu bisa segera diselesaikan di internal China dan tampaknya masalah itu bisa segera diselesaikan jika melihat keseriusan pemerintah setempat menangani masalah itu.

“Pemerintah setempat sudah sangat serius menangani masalah itu dan dari berbagai laporan atau berita yang ada, berbagai upaya optimal sudah dan terus akan dilakukan,” kata Imbang.

Ia juga optimistis bahwa masalah itu akan segera bisa diselesaikan sehingga tidak meninggalkan masalah berlarut-larut yang justru bisa merusak kepercayaan konsumen lokal dan asing terhadap produk susu China.

Administrasi Umum Pengawas Kualitas, Inspeksi dan Karantina (AQSIQ) China sebelumnya yang selama dua minggu terakhir melakukan pengawasan tidak lagi menemukan susu dan yogurt terkontaminasi melamin.

AQSIQ, menurut Xinhua, mulai melakukan pengawasan sejak 14 September terhadap 296 kotak minyak cair dan yogurt yang diproduksi 47 perusahaan, termasuk Yili, Mengniu, Guangming dan beberapa perusahaan lainnya, yang diproduksi di sejumlah wilayah China. Hasilnya tidak ditemukan melamin.

Pihak berwenang terhadap kualitas makanan itu sejak 18 September 2008 juga melakukan pengawasan susu di sejumlah pusat belanja di seluruh wilayah untuk memantau adanya daftar petunjuk aman terhadap produk susu yang dihasilkan produsen, dan meletakkan kata “SAFE” pada produknya. (*/cax)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: