HOW TO BE SUCCESS

Hendra Next Generation (WordPress.com)

Sengketa Polandia terkait Piala Eropa

Posted by HendrA pada Oktober 6, 2008

Asosiasi sepak bola Polandia telah menyelesaikan sengketa dengan pemerintah yang mengancam posisi menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012.

Presiden Fifa Sepp Blatter mengatakan Fifa tidak akan menjatuhkan sanksi terhadap Polandia bila perjanjian itu mulai berlaku hari Selasa.

Fifa memberikan batas waktu kepada Polandia sampai hari Senin untuk mengaktifikan kembali asoasiasi sepak bola yang dibubarkan pemerintah.

Setelah batas waktu lewat, Polandia menghadapi resiko dicabut dari semua pertandingan sepak bola dan kehilangan status sebagai tuan rumah Piala Eropa 2012 bersama Ukraina.

“Kami menerima surat dan dokumen bahwa akan ada perjanjian antara FA dan pemerintah Polandia,” kata Blatter.

“Bila perjanjian ini berlaku besok (Selasa), maka itu akan cukup bagi kami. Kami tidak akan menjatuhkan sanksi begitu perjanjian berlakuk.”

Sebelumnya, Uefa mengancam akan mencabut status tuan rumah bersama Piala Eropa 2012 bila Polandia gagal mengaktifkan kembali asosiasi sepak bola mereka.

Juru bicara Uefa William Gaillard mengatakan: “Peraturannya jelas. Kami menawarkan posisi tuan rumah Piala Eropa 2012 kepada asosiasi sepak bola dan bukan kepada pemerintah.

“Jadi bila FA tidak ada atau dihentikan maka mereka tidak berada dalam posisi untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola,” kata Gaillard.

Mahkamah arbitrasi Polandia membubarkan asosiasi sepak bola negara itu, PZPN dan mengangkat penanggung jawab hari Senin setelah organisasi itu gagal menangani masalah korupsi.

Namun Fifa dan Uefa menolak mengakui penanggung jawab yang ditunjuk untuk menjalankan asosiasi sepak bola itu.

Kami telah membantu Polandia dan kejadian ini sangat menggusarkan kami
Juru bicara Uefa William Gaillar

Fifa mengatakan mereka akan mengabaikan korespondensi dengan badan yang baru dibentuk itu karena badan sepak bola dunia itu melarang campur tangan pemerintah dalam urusan sepak bola.

Gaillard menambahkan: “Kami mendukung Fifa. Kesabaran kami memiliki batas dan kami hampir kehilangan kesabaran.

“Bila FA tidak diaktifkan kembali pada batas waktu hari Senin, maka kami akan segera melakukan pembicaraan serius tentang Piala Eropa 2012. Kami tidak akan menunggu lebih lama lagi.”

Minggu lalu, baik Polandia dan Ukraina ditegur setelah satu laporan mengkritik tidak adanya kemajuan dalam persiapan Piala Eropa 2012.

“Kami memberi peluang lagi kepada Polandia dan kemudian terjadi kudeta hari Senin. Ini sangat mengesalkan,” kata Gaillard.

“Kami telah melakukan semua yang dapat kami lakukan untuk Polandia dan Ukraina. Kami telah membantu mereka dan kejadian sangat mengesalkan.”

Polandia yang berada dalam satu group dengan Irlandia Utara dalam kualifikasi Piala Dunia, dapat diberikan kekalahan otomatis 3-1 dalam pertandingan berikutnya melawan Republik Ceko dan Slovakia.

Satu pernyataan Fifa menyebutkan langkah berikutnya akan dipertimbangkan dalam pertemuan komisi eksekutif di Zurich tanggal 23-24 Oktober, dan Uefa diperkirakan akan melakukan pertemuan darurat pada waktu yang hampir bersamaan.

Polandia pernah juga diancam dicabut dari kualifikasi Piala Eropa 2008 karena asosiasi sepak bola mereka dibubarkan bulan Januari 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: